Rumus -Rumus Bunga

RUMUS-RUMUS BUNGA

DEFINISI BUNGA

Suku bunga bisa didefinisikan sebagai uang yang dibayarkan untuk penggunaan uang yang dipinjam. Atau berbicara secara luas, suku bunga bisa dipikirkan sebagai pengembalian yang bisa diperoleh dari investasi modal yang produktif.

TINGKAT SUKU BUNGA

Tingkat suku bunga adalah rasio antara bunga yang dibebankan atau dibayarkan diakhir periode waktu, biasanya satu tahun atau kurang, dan uang dipinjam pada awal periode itu. Jadi bila bunga $6 dibayarkan per tahunnya untuk pinjaman $100, tingkat suku bunga adalah $6/$100 = 0,06 atau 6% per tahun.

Meskipun bunga sering dibayar lebih dari sekali setahun, tingkat suku bunga per tahun biasanya adalah apa yang dimaksud dengan tingkat suku bunga yang disebutkan. Jadi tingkat bunga 0,005 bisa dibayar per bulan, 0,015 di bayar per 3 bulan atau 0,03 dibayar per setengah tahun, semuanya dinyatakan sebagai 6%.

CARA-CARA PEMBAYARAN KEMBALI UANG PINJAMAN

Empat cara untuk membayar kembali $10.000 selama 10 tahun dengan bunga 6% per tahun:

1. Tidak melibatkan pembayaran sebagian pinjaman pokok, hanya bunga dibayar tiap tahun, dan pinjaman pokok dibayar sekaligus pada akhir periode.

2. Melibatkan pengurangan pinjaman pokok secara sistematis dengan pembayaran uniform dari pinjaman pokok itu dengan mengurangi bunga.

3. Melibatkan pengurangan pinjaman pokok secara sistematis dengan rencana yang menjumlahkan pembayaran bunga dengan pembayaran pinjaman pokok uniform.

4. Tidak melibatkan baik pembayaran pinjaman pokok maupun bunga sampai pembayaran tunggal keduanya pada akhir tahun.

BUNGA MAJEMUK

Bunga majemuk adalah bunga tiap tahun yang diambil dari jumlah total yang dipinjam akhir tahun sebelumnya. Jumlah total yang termasuk pinjaman pokok ditambah akumulasi bunga yang belum dibayarkan ketika tiba waktunya.

Untuk perhitungan bunganya, maka simbol-simbol berikut ini digunakan di dalam penjelasan mengenai rumus bunga:

i menyatakan tingkat suku bunga per periode bunga.

n menyatakan jumlah periode bunga.

P menyatakan jumlah uang sekarang.

F menyatakan jumlah uang pada akhir n periode dari saat sekarang yang ekivalen dengan P dengan bunga i.

A menyatakan pembayaran pada akhir periode atau penerimaan dalam seri yang uniform yang berlanjut untuk n periode mendatang, seri seluruhnya ekivalen dengan P pada tingkat bunga i.

Simbol ini dipilih sedemikian rupa sehingga huruf awal dari simbol itu berhubungan dengan arti simbol. Jadi i adalah untuk interes (bunga), n untuk number (jumlah) periode, P untuk present worth (nilai sekarang), F untuk future worth (nilai masa datang) dan A untuk annual payment (pembayaran tahunan atau anuitet).

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: