PERANAN ANALISA EKONOMI TEKNIK

Ilmu Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan alokasi sumberdaya.

Macam-macam Sumberdaya:

– Sumber daya alam

– Sumber daya manusia

– Sumber daya teknologi

– Sumber daya pembiayaan

Defisini Ilmu Ekonomi:

  • Ilmu ekonomi memberikan dasar dan pengertian bagaimana memenuhi kebutuhan dengan sumberdaya yang terbatas.
  • Studi bagaimana orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan tanpa menggunakan uang untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa depan (Prof. P.A. Samuelson).
  • Ilmu ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumberdaya (Sadono Sukirno).
  • Studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumberdaya yang terbatas (Mankiw).

Ilmu Ekonomi Teknik merupakan perpaduan antara Ilmu Ekonomi dan Ilmu Teknik. Ilmu ini dipakai sebagai alat untuk menentukan kelayakan suatu proyek serta untuk mengevaluasi pengambilan kebijkan pembangunan dalam sudut pandang ekonomi. Dengan alat ini kajian dan studi suatu ide diterjemahkan dalam suatu bentuk proyek pembangunan, dianalisis kemudian muncul berbagai alternatif dan rekomendasi yang layak secara ekonomi. Dengan asumsi bahwa ekonomi teknik dapat dipakai oleh para penentu kebijakan, investor, praktisi serta pakar lainnya yang terlibat dalam rekayasa pembangunan, maka buku ini lebih diorientasikan pada masalah-masalah praktis. Berdasarkan hal ini maka teori diuraikan sesederhana dan sesedikit mungkin dengan titik berat pada masalah yang terjadi di lapangan sehingga hampir pada semua pembahasan teori diberikan contoh-contoh soal untuk memudahkan dalam memahaminya.

Menurut Eva F. Karamah, ekonomi teknik berfungsi untuk mengetahui konsekuensi keuangan dari produk, proyek, dan proses-proses yang dirancang oleh insinyur dan membantu membuat keputusan rekayasa dengan membuat neraca pengeluaran dan pendapatan yang terjadi sekarang dan yang akan datang – menggunakan konsep “nilai waktu dari uang”.(3)

Ekonomi teknik melibatkan proses formulasi, estimasi, dan evaluasi hasil ekonomi setelah alternatif-alternatif untuk mencapai tujuan tertentu tersedia sehingga dapat dikatakan pula bahwa ekonomi teknik merupakan kumpulan dari teknik perhitungan matematis yang menyederhanakan perbandingan dalam hal ekonomi.(4)

Dunia usaha saat ini lebih banyak bertumpu pada aspek teknis dimana para sarjana dituntut meningkatkan keterampilan tidak saja dalam bidang manajemen akan tetapi dalam bidang teknis operasional usaha itu sendiri. Secara umum setiap organisasi usaha akan selalu melakukan berbagai aktivitas yang terkait dengan produksi barang atau jasa dengan harga yang kompetitif, pengembangan produk atau jasa yang efektif dan efisien, tingkat keuntungan yang memadai sepadan dengan investasi yang dikeluarkan dan upaya mempertahankan usaha agar berkesinambungan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Berdasarkan hal tersebut calon sarjana Teknik Mesin perlu dibekali pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen kuantitatif berupa pengetahuan ekonomi teknik, agar mereka mampu mengalokasikan sumberdaya perusahaan dalam batasan waktu, modal, personalia, material, mesin dan faktor pendukung usaha lainnya dengan efektif dan efisien dengan mempertimbangkan profitabilitas, faktor resiko dan ketidak pastian yang mungkin akan dihadapi dalam bidang pekerjaannya nanti.

KEBIJAKAN EKONOMI

Kriteria dalam menentukan hasil ekonomi:

  • Efisiensi (efisiensi alokatif), ekonomi efisien memproduksi kebutuhan masyarakat dengan biaya serendah mungkin.
  • Ekuitas, keadilan dari hasil ekonomi.
  • Pertumbuhan ekonomi, peningkatan output total dalam perekonomian.
  • Stabilitas ekonomi, kondisi kestabilan atau peningkatan dari output diiringi inflasi rendah dan pemanfaatan penuh sumber daya.

Fundamental Principles of Engineering Economics
. Principle 1: mendekati nilai uang lebih berharga daripada menjauhi.
. Principle 2: yang penting adalah perbedaan-perbedaan diantara berbagai alternatif.
. Principle 3: penerimaan marginal harus melebihi biaya marginal.
. Principle 4: tambahan resiko tidak akan diambil tanpa ada tambahan return yang diharapkan.

Prinsip Ekonomi Teknik
• Kembangkan alternatif-alternatif
• Perhitungkan hanya perbedaan
• Gunakan sudut pandang yang konsisten
• Gunakan suatu ukuran yang umum
• Perhatikan semua kriteria yang relevan
• Buat ketidakjelasan menjadi jelas (eksplisit)
• Tinjau kembali keputusan yang diambil Kurva peningkatan produktivitas