Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan untuk memasang aplikasi pada handphone. Cara yang paling umum dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Melalui komputer
  2. Langsung dari handphone

Berikut ini saya akan mencoba menjelaskan secara rinci langkah-langkah untuk memasang aplikasi pada handphone melalui dua cara tersebut.

Melalui Komputer

Sebelum melakukan cara ini, terlebih dahulu kita siapkan seperangkat komputer, baik itu berupa PC ataupun laptop. Setelah komputer kita siapkan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan komputer hingga masuk kedalam sistem operasi (misal: Windows, Mac OS, atau Linux).
  2. Instal software bawaan dari handphone yang biasanya disertakan dalam kardus kemasannya (PC Suite, Phone Tools, dll). Bagi yang sudah menginstall dapat lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Buka software bawaan dari handphone yang sudah diinstal. Saya ambil contoh untuk handphone nokia seri 6120 classic, buka Nokia PC Suite.
  4. Hubungkan handphone dengan komputer menggunakan kabel data. Jika handphone belum mendukung koneksi kabel data dapat menggunakan bluetooth atau infrared.
  5. Pada layar handphone akan muncul pilihan koneksi yang diinginkan. Pilih ‘PC Suite’ lalu pilih Ok. Pada menu utama Nokia PC Suite pilih ‘Get Connected’ untuk menghubungkan handphone dengan komputer. Klik Next lalu pilih ‘cable connection’ jika kita menggunakan kabel data sebagai koneksinya. Jika kita menggunakan koneksi lain pilihan yang kita pilih harus sesuai dengan koneksi yang kita gunakan.
  6. Pilih tipe handphone sesuai dengan handphone yang kita digunakan.
  7. Kembali ke menu utama Nokia PC Suite, pilih ‘install aplications’ lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  8. Pada kolom sebelah kiri cari lokasi file aplikasi yang terdapat di dalam komputer. Pilih file yang berekstensi .sis atau .jar hingga tanda panah yang ditengah berwarna hijau.
  9. Klik tanda panah tersebut dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  10. Pada layar handphone akan muncul tampilan untuk verifikasi instalasi. Tekan Ok hingga muncul pilihan media penyimpanan di dalam handphone yang ingin digunakan. Kita dapat menggunakan memori handphone atau memori eksternal untuk menyimpan aplikasinya.
  11. Setelah instalasi selesai kita dapat memilih aplikasi lain yang ingin dipasang dengan kembali ke tampilan sebelumnya seperti gambar diatas.
  12. Setelah semua aplikasi selesai diinstall putuskan koneksi handphone dengan komputer. Caranya adalah pergi ke menu utama Nokia PC Suite pilih ‘Manage Connections’, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
  13. Hilangkan semua tanda centang lalu klik ‘close’.

Langsung Dari Handphone

Cara ini masih membutuhkan bantuan komputer sebagai media transfer data. Oleh karena itu sebelumnya kita persiapkan dulu seperangkat komputer baik berupa PC atau Laptop. Setelah itu lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan handphone dengan komputer menggunakan kabel data.
  2. Pada layar handphone akan muncul pilihan koneksi yang diinginkan. Pilih ‘Data Transfer’ lalu pilih Ok.
  3. Buka file eksplorer di komputer. Memory eksternal handphone akan terbaca sebagai removeable disk pada tampilan file eksplorer.
  4. Cari file aplikasi yang berekstensi .sis (untuk handphone Java) atau .jar (untuk handphone Symbian). Untuk yang belum punya filenya dapat download langsung disini.
  5. Copy file tersebut kedalam folder yang terdapat di handphone. Pastikan nama foldernya jangan sampai lupa.
  6. Putuskan koneksi handphone dengan komputer. Cara yang dilakukan sama dengan cara untuk memutuskan koneksi flashdisk dari komputer.
  7. Pergi ke file manager yang terdapat pada handphone. Cari file aplikasi yang telah di copy sebelumnya.
  8. Lakukan instalasi dengan memilih file tersebut. Pada layar handphone akan muncul tampilan untuk verifikasi instalasi. Tekan Ok hingga muncul pilihan media penyimpanan di dalam handphone yang ingin digunakan. Kita dapat menggunakan memori handphone atau memori eksternal untuk menyimpan aplikasinya.
  9. Tunggu hingga proses instalasi selesai.