Pada saat berselancar di dunia maya terkadang kita menemukan sebuah halaman web yang me-refresh secara otomatis dengan interval waktu tertentu. Fungsi refresh di gunakan untuk membuat “penyegaran” kembali halaman blog ataupun website. Fungsi refresh ini sama dengan fungsi refresh yang ada pada browser internet, perbedaannya yaitu fungsi ini di buat bekerja secara otomatis, yakni pengguna tidak perlu menekan tombol refresh yang ada pada tool bar.

Untuk kalangan pebisnis fitur auto refresh ini sangat membantu produktivitas mereka karena dapat mengetahui dengan cepat perubahan-perubahan nilai apa saja yang terjadi pada halaman web yang sedang dikunjungi atau untuk mengetahui apakah ada email yang masuk ke kotak suratnya atau tidak.

Untuk dapat melakukan fitur auto refresh ini pada web browser yang kita gunakan ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Dengan memasukkan kode HTML ke dalam templatenya.
  2. Dengan menambahkan fitur tambahan pada web browser yang digunakan.

Cara nomor 1 biasanya digunakan oleh beberapa blogger atau webmaster untuk meningkatkan jumlah page view atau page load atau mungkin untuk meningkatkan penghasilannya lewat ad (iklan) yang berbasis CPM (Cost Per Impression), pihak blogger akan dibayar oleh pemilik Iklan tergantung jumlah iklan yg dilihat dengan perhitungan page view/page load lewat refresh dari browser pengunjung. Untuk para blogger atau webmaker yang ingin menggunakan fitur ini dapat memasukkan kode HTML seperti di bawah ini:

<meta http-equiv=refresh content=5;url=index.php>

  • http-equiv=refresh artinya halaman yang mengandung skrip ini akan direfresh secara otomatis.
  • content=5, artinya situs /halaman tersebut akan di refresh setiap 5 detik sekali, apabila kita ingin lebih lama/ lebih cepat tinggal diganti dengan angka yang lebih besar atau lebih kecil.
  • Url=index.php, alamat/halaman yang akan di refresh adalah index.php.

Untuk cara nomor 2 biasanya digunakan oleh para pengunjung halaman web tertentu untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada halaman web yang sedang dikunjunginya, contohnya untuk situs email client seperti yahoo, gmail, dsb sehingga dapat segera mengetahu jika ada email yang masuk. Cara pada nomor 2 ini dapat kita lakukan dengan cara menambahkan plugin (pengaya) pada web browser yang digunakan. Bagi yang belum punya plugin-nya dapat download disini atau untuk pengguna mozilla dapat download disini.

Setelah proses download selesai ekstrak filenya lalu jalankan proses instalasi. Tunggu hingga proses instalasi selesai lalu restart web browser. Buka halaman web apa saja setelah itu klik kanan pada sembarang tempat di halaman web untuk mengatur interval waktu yang diinginkan. Untuk pengguna plugin tambahan pada mozilla setelah me-restart mozilla klik tanda panah kecil disamping icon refresh untuk mengatur interval waktunya atau untuk men-disable interval waktunya.