1. Sistem Puli

Puli adalah sebuah mekanisme yang terdiri dari roda pada sebuah poros atau batang yang memiliki alur diantara dua pinggiran di sekelilingnya. Sebuah tali, kabel, atau sabuk biasanya digunakan pada alur puli untuk memindahkan daya. Puli digunakan untuk mengubah arah gaya yang digunakan, meneruskan gerak rotasi, atau memindahkan beban yang berat. Puli merupakan salah satu dari enam mesin sederhana.

Sistem puli dengan sabuk terdiri dua atau lebih puli yang dihubungkan dengan menggunakan sabuk. Sistem ini memungkinkan untuk memindahkan daya, torsi, dan kecepatan, bahkan jika puli memiliki diameter yang berbeda dapat meringankan pekerjaan untuk memindahkan beban yang berat.

Sistem Puli dengan Menggunakan Sabuk

Selain menggunakan sabuk puli juga dapat dihubungkan dengan menggunakan tali atau kabel. Sistem ini terdiri dari sebuah tali atau kabel yang memindahkan gaya linier pada suatu beban melalui sebuah puli atau lebih yang bertujuan untuk menarik beban (melawan gravitasi). Sistem ini sering digolongkan pada mesin sederhana.

Sistem Puli dengan Menggunakan Tali atau Kabel

1.2 Tipe Puli

Terdapat beberapa macam tipe puli yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari, baik dalam dunia industri besar maupun kecil, yaitu:

A. Puli Tetap

Puli tetap atau puli kelas 1 memiliki poros yang tetap, yang berarti porosnya diam atau dipasang pada suatu tempat. Puli tetap digunkan untuk merubah arah gaya pada tali (kabel). Pada puli jenis ini tidak ada penggandaan gaya atau dengan kata lain gaya pada kedua sisi memiliki besar yang sama.

Puli Tetap

B. Puli Bergerak

Puli bergerak atau puli kelas 2 memilik poros yang bebas, yang berarti porosnya bebas bergerak pada suatu titik tertentu. Puli bergerak digunakan untuk melipat gandakan gaya. Pada puli jenis ini jika ujung tali diikat pada suatu tempat maka ujung tali yang lain akan melipat gandakan gaya beban yang dipasang pada puli.

Puli Bergerak

C. Puli Gabungan

Puli gabungan adalah gabungan dari puli tetap dan puli bergerak. Jenis puli ini terdiri dari minimal satu buah puli yang terpasang pada suatu tempat dan satu puli lainnya yang dapat bergerak.

Puli Gabungan

2. Sistem Sproket

Sproket adalah sebuah profil roda dengan gigi yang dihubungkan dengan rantai. Perbedaan sproket dengan roda gigi adalah jika sproket tidak akan pernah terhubung langsung dengan sproket lainnya melainkan dengan menggunakan perantara seperti rantai atau rel canterpilar (roda tank).

Sproket digunakan pada sepeda, sepeda motor, mobil, tank, dan mesin-mesin lainnya baik untuk memindahkan gerakan putar antara dua buah poros yang memiliki gigi yang jumlahnya tidak sama atau untuk memberikan gerak linier pada suatu jalur gerak tertentu. Selain itu sproket juga digunakan pada mekanisme pemindah film proyektor atau kamera dan juga digunakan untuk memasukkan kertas pada printer komputer.

Sproket Kendaraan

3. Sistem Drum

Drum adalah suatu roda yang digunkan untuk memindahkan gerakan putar dari suatu poros ke poros lainnya. Perbedaan mendasar antara drum dan pulley terdapat pada bentuk drum yang tidak memiliki alur. Drum menggunakan sabuk yang datar sebagai penghubungnya. Dum biasanya digunkan pada mekanisme penggerak konveyor atau travolator (sejenis eskalator yang pijakan lantainya datar).

Drum