Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisnis. Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri logam) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.

Penggunaan mesin CNC semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya untuk produksi industri melainkan juga bengkel kecil yang menggunakan mesin konvensional mulai tergantikan dengan mesin CNC. Penerapan teknis mesin CNC tidak hanya terbatas untuk peralatan mesin klasik seperti mesin bubut, mesin fris, atau pengerjaan logam lainnya. Hampir setiap hari penerapan baru teknik CNC dapat direalisasikan. Secara praktis semua pekerjaan seperti desainer teknik, manajer teknik, atau salesman, pekerja terampil, metode perencanaan, pengontrolan, dan lain-lain akan dihadapkan dengan teknologi CNC dengan berbagai cara. Pengetahuan dasar CNC sangat penting bagi orang seperti mereka, dimana pengetahuan ini dikhususkan tergantung dari  pekerjaan spesifiknya.

CNC merupakan kepanjangan dari Computer Numerical Control. Berdasarkan namanya dapat diketahui bahwa mesin CNC merupakan mesin yang menggunakan kontrol numerik dalam pengoperasiannya. Hanya dengan membuat program sebuah produk kita dapat memproduksi produk tersebut dalam jumlah yang sangat besar dengan ketelitian yang sangat presisi.

Untuk kalangan mahasiswa dan pelajar, mesin yang biasa digunakan adalah mesin dengan tipe TU-3A dan TU-2A. TU itu sendiri merupakan singkatan dari Training Unit yang artinya mesin tersebut digunakan untuk sarana pelatihan bukan untuk produksi masal yang bertipe PU (Production Unit). Untuk keterangan 3A (3 Axis) dan 2A (2 Axis) merupakan keterangan yang menunjukkan jumlah sumbu kerja yang digunakan dalam mesin tersebut.

CNC TU-3A                                                                                 CNC TU-2A

Untuk dapat melakukan pemrograman baik dengan mesin CNC TU-3A maupun CNC TU-2A sebaiknya terlebih dahulu mempelajari konsep pemrograman untuk masing-masing melalui tutorial dibawah ini:

Tutorial Pemrograman CNC TU-3A

Tutorial Pemrograman CNC TU-2A